PENGALAMAN PERTAMA IKLAN VIA FACEBOOK
HASIL IKLAN FB ELLIS ESTETIKA
Klinik Ellis Estetika sudah beroperasi sejak lama dan sampai saat ini sudah melahirkan 9 cabang baru disamping induk. Namun dalam memperkenalkan produk maupun treatment, baru kali ini menggunakan media iklan facebook dan instagram.
Sedikitnya ada tiga sampel iklan yang digunakan sebagai ujicoba iklan facebook/instagram dan dijadikan bahan evaluasi. Dari tiga iklan uji coba Ellis Estetika yang dipasangkan di Facebook, secara umum mendapat jangkauan yang sangat menggembirakan. Jelas terlihat bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara postingan yang diiklankan dengan postingan tanpa diiklankan. Hal ini tentunya diharapkan membawa pengaruh yang signifikan pula terhadap jumlah pasien yang datang ke Klinik Ellis Estetika.
Karena ini merupakan upaya awal yang ditempuh dalam menggunakan iklan facebook dan instagram, tentu saja masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan. Hal ini tentu menjadi bahan evaluasi dan dijadikan sebagai tindakan koreksi demi penyempurnaan di masa-masa yang akan datang.
Berikut adalah Gambar Screenshot Rangkuman Postingan Halaman Ellis Estetika dalam bulan Februari 2020.
Iklan pertama yang dimulai 11 Februari 2020 dengan sasaran Kota Medan, mendapat respons yang sangat menggembirakan. Jangkauannya mencapai 68.1 ribu lebih degan total interaksi sebanyak 20.5 ribu.
Iklan kedua pada 16 Februari 2020 merupakan ujicoba iklan lokal dalam waktu sangat singkat, sasaran hanya Kota Banda Aceh. Biaya yang digunakan untuk iklan yang satu ini hanya sedikit saja, namun terlihat jangkauannya mencapai 10 ribu dengan intetaksi 585 ribu.
Ada satu iklan yang tidak disetujui Tim Facebook (iklan 15 Februari 2020). Tim Facebook menyatakan menolak dan tidak bisa dijalankan.
Setelah ditelusuri ternyata Tim Facebook menolak iklan video tersebut karena alasan menampilkan kegiatan sensasional (tampak menggunakan jarum suntik). Untuk iklan yang ditolak ini Ellis Estetika tidak ditagih biaya, namun setidaknya penolakan ini bisa dijadikan pelajaran dan digunakan sebagai perbandingan dengan iklan yang diterima.
Pada iklan yang ditolak ini kita bisa melihat jangkauannya hanya 679 orang dengan total interaksi 162 orang saja.
MASUKAN DARI TIM FB ADS
Berikut ini tips yang dikirim langsung oleh Tim FB Advertising (FB Ads) ke halaman Facebook Ellis Estetika. Untuk memudahkan penyampaian tulisan yang dianggap sangat penting discreenshot dan diposting langsung kemari.
KESIMPULAN
Sejauh ini dapat disimpulkan bahwa Iklan Facebook/instagram sangat relevans digunakan untuk menjangkau pelanggan dan calon pelanggan baru.
V
Jangan terlalu banyak menggunakan teks pada gambar atau video postingan iklan, karena hal ini berakibat mengurangi jumlah jangkauan postingan itu sendiri.
LAMPIRAN LAINNYA:
Iklan Ditolak
Tidak Dapat Dijalankan
Thanks
Marjan's Ads
Komentar
Posting Komentar